PK IMM FFS-UHAMKA itu ....

Foto Saya
organisasi mahasiswa (IMM) resmi di kampus Farmasi dan Sains Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka. agar terbentuknya akademisi Islam yang berakhlak mulia dalam rangka mencapai tujuan Muhammadiyah.

Kamis, 28 Februari 2013

Arti sebuah nilai


Assalamu'alaikum wr.wb ..
ada sebuah catatan kecil nih, yang InsyaAlloh bermanfaat. ditemukan dari selah satu note facebook Immawati Dyah Kusuma Wardani dari Universitas Muhammadiyah Purwekerto, let's read :)
Hari itu adalah hari yang mendebarkan bagi mahasiswa. Banyak yang meluangkan waktu sejenak dari liburan panjangnya hanya untuk mengambil secarik kertas putih yang ditulis dengan tinta hitam nan rapi. Mereka berbondong-bondong ke kampus agar mendapatkan secarik kertas itu paling awal.

Desak-desakkan dan budaya kurang tertib telah membudaya dikalangan mahasiswa. Apalagi jika petugasnya hanya seorang saja dengan melayani ratusan mahasiswa. Ditambah riuh suasana dan ribetnya proses pengambilan secarik kertas itu. Huh, semakin menambah panas hati dan panas fisik saja.

Mereka menerima 4 lembar kertas, kertas putih untuk sendiri, kertas kuning untuk orang tua, kertas merah muda untuk dosen pembimbing, dan kertas hijau untuk fakultas.  Kelihatan jelas raut wajah mereka setelah memandangi apa yang tertera dalam secarik kertas itu. Ada yang teriak kegirangan, ada pula yang menangis. Jika nilai jelek, mereka cemas dengan kertas kuning itu. Apa kata orang tua jika apa yang telah ditempuh tak sesuai target. Itulah fenomena pengambilan Kartu Hasil Studi.

Beberapa waktu lalu aku menjumpai adik-adik kelasku yang sedang galau dengan nilai-nilainya. Dia curhat kepadaku. “Harusnya aku bulan ini udah PKL (Praktik Kerja Lapangan) mbak, tapi SKSku lum cukup karna nilai-nilaiku jelek”. Ada lagi yang curhat, “Aku lum bisa ambil penelitian, karna aku lum ambil matkul metopen…gimana donk???”…”Aiih….nilai-nilaiku kok jelek-jelek amat ya?? Padahal, aku udah belajar semaksimal mungkin”…

Mahasiswa yang lulus 3,5 - 4 tahun itu dianggap mahasiswa pintar. Apalagi ditambah dengan IPK cumlaude. Banyak orang yang memuji

Senin, 11 Februari 2013

Baitu Arqom


Assalamu’alaikum wr.wb …
Pada tanggal 8-10 Februari 2013 Pimpinan Cabang Muhammadiyah Duren Sawit 1 telah menyelanggarakan latihan pengkaderan “Baitul Arqom”untuk guru, karyawan, dan organisasi otonom disekitarnya yang bertempat di hotel taman aer mega mendung, bogor.
Dari PK IMM FFS-UHAMKA mendelegasikan kakanda Egy Ginanjar dan Ananda Syarah Martiani, ada pula dari PC IMM-JakTim mendelegasikan kakanda Ahmad Haetami dan Ananda Nurmawati
Karena acara ini lebih diperuntukan kepada guru dan karyawan jadi wajar peserta didominasi oleh guru dan karyawan. Materi yg disampaikan seperti :
Faham agama dalam Muhammadiyah merupakan agama islam yg di fahami Muhammadiyah, mulai dari pedoman2 Al-qur’a dan As-sunah. Muhammadiyah merupakan gerakan da’wah, amar ma’aruf nahi munkar dan tajdid bersumber pada al-qur’an dan as-sunah. Yg bertujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama islam sehingga terwujud masyarakat islam yg sebenar-benarnya.
Revitalisasi ideologi Muhammadiyah dalam materi ini membahas ttg penajaman ideologi Muhammadiyah,

Sabtu, 19 Januari 2013

Masjid


Assalamu'alaikum wr.wb ...
K.O (kajian on the road) yaaps perkenalkan Immawan/Immawati K.O merupakan salah-satu program kerja rutin PC IMM-Jakarta Timur dari bidang tabligh dan kajian islam. Sebelumnya K.O diselenggarakan di masjid Al-maghfiroh-Ps.Rebo Untuk K.O kali ini pertama kalinya dilakukan di masjid Taqwa-Klender pada hari Jum’at, 18 Januari 2013 yg dimulai ba’da maghrib dengan pembicara Immawan Rohmani dari DPD IMM-DKI Jakarta. Alhamdulillah jama’ah kajian yg datang tidak hanya dari kalangan Immawan/wati namun ada dari PW IPM yaitu Ipmawati Fenny dan dari PW Pemuda yg kebetulan lupa namanya, dan dari mahasiswa lainnya. Tema yg dibahas dalam kajian adalah masjid. Masjid yg merupakan pusat da’wah saat zaman Rosululloh SAW, beliau pun telah banyak membangun masjid, diantaranya adalah masjid nabawi yg mana hingga sekarang pengunjung mesjid tersebut subhanalloh. Rosululloh SAW menjadikan mesjid sbg sarana da’wah islam beliau, maka dari itu tak sepantasnya kita melihat mesjid yg sepi, bahkan saat waktu sholatpun mesjid sepi. Maka kembalilah ke masjid, ramaikan sbg pusat da’wah islam, pusat beribadah, tumbuhkan rasa kecintaan terhadap rumah Alloh SWT.
Terkadang mirisnya anak zaman modern merasa malu bila menginjakan kaki ke masjid astagfirulloh, bahkan lebih

Jumat, 21 Desember 2012

Keutamaan hari Jum'at

Assalamu'alaikum wr.wb ...
kalo ini agenda rutinan Immawati, yg biasanya hari jum'at untuk kali ini bertepatan pada tanggal 21 Desember 2012 kajian ini di pimpin oleh Immawati Chorunnisa Jafar dari bidang kajian islam. Untuk kajian Immawati kali ini kita membahas tentang keutamaan hari jum’at. Awalnya saat Immawati sudah berkumpul, masih bingung tema apa yg akan didiskusikan dan tiba2 salah satu Immawati dr kader ada yang bertanya “ka kenapa ya kalo di pesantren dan semacamnya liburnya bukan hari ahad tp hari minggu? Apa karena kepotong sholat jum’at ka?” kader lain pun ada yg menjawab, hal itu ada benarnya ko, selain itu di dalam bahasa inggris aja hari jum’at = Friday  = free day = hari bebas dalam artian bebas dr rutinitas biasanya yg dilakuin gitu sih, selain itu yaa udah biasa mendengar hari jum’at adalah harinya umat muslim. Entah dari mana istilah tersebut. Karena dr pertanyaan tersebut kami mendiskusikan apa aja sih keistimewaaan hari jum’at itu?
Mungkin selain dilihat dari sisi kewajiban sholat jum’at untuk para laki-laki pengganti sholat dzuhur sebagaimana bahwa siapa saja yang menunaikan shalat Jum’at sesuai dengan tuntunan adab dan tata cara yang benar, maka dosa-dosanya yang terjadi antara

Kamis, 20 Desember 2012

Amalan Sunnah

Assalamu'alaikum wr.wb ...
yaaps, kali ini kembali membahas tema saat KANTIN (Kajian Rutin) yg biasanya hari kamis, dan kamis kali ini bertepatan pada 20 Desember 2012 nih, kali ini kantin dipimpin oleh Immawan Sugino salah satu bidang keorganisasian tema yg di bawakan adalah seputar amalan sunnah.
sudah ga asing kayanya mendengar istilah "keimanan seseorang dilihat dari amalan sunnahnya" istilah itu pun ada benarnya, karena sebuah amalan sunnah merupakan

Rabu, 24 Oktober 2012

out door learning

Assalamu'alaikum wr.wb ...
mungkin sudah biasa mengadakan sebuah acara pengkaderan dalam forum resmi, bahkan dirungan yang resmi pula. kali ini kepengurusan PK IMM FFS-UHAMKA mencari suasana baru untuk pengkaderan dg adik-adik kadernya, dan kebun raya bogor yang menjadi pilihan. Berhubung PK IMM FFS-UHAMKA telah mengadakan Darul Arqom Dasar (DAD) pada akhir September lalu, yang sudah di posting sebelumnya
next, akhirnya memutuskan pengurus dan kader pergi pada Minggu, 21 Oktober 2012 dengan transportasi KRL-commuterline. Menempuh lebih kurang 1,5 jam atau pukul 11.30 WIB untuk sampai di kebun raya bogor, karena menempuh jarak yg lumayan kita pun memutuskan untuk beristirahat sejenak. setelah istirahat yg cukup akhirnya kami berjalan mencari tempat untuk sedikit berdiskusi seputar ke-IMM-an